-->

Ini Dia 7 Bidadari Cantik dari Gunungkidul

Gunungkidul - Gunungkidul di Yogyakarta sedang naik daun karena ramainya turis yang melancong ke pantai-pantai di kabupaten itu. Kawasan ini memiliki lebih dari 40 pantai dan 7 di antaranya menjadi favorit para turis karena keindahannya.

Ditengok dari buku Wisata Gunungkidul, ada 46 pantai yang berderet di sepanjang kawasan ini. Ada 7 pantai cantik yang berderet dari Kecamatan Tanjungsari hingga Kecamatan Tepus. Inilah 7 bidadari cantik dari Gunungkidul yang wajib anda datangi saat liburan ke Yogyakarta.

1. Pantai Baron

Inilah pintu gerbang untuk memasuki kawasan objek wisata pantai di Gunungkidul. Pantai Baron jadi pantai pertama jika ingin menyusuri 7 pantai cantik ini. Pantai Baron memiliki lanskap yang cukup unik karena dikelilingi oleh bukit kapur.

Di atas bukit, pengunjung bisa menikmati pemandangan sambil jalan-jalan di jalur setapak. Di bagian barat pantai, ada sungai air tawar yang bisa jadi penyegar atau pembilas saat sudah puas bermain air di pantai. Meski pasirnya tidak terlalu putih, pantai ini kerap dipenuhi wisatawan terutama saat akhir pekan.

2. Pantai Kukup

img
Pantai Kukup (agneshia christa - d'Traveler)

Berbeda dengan Pantai Baron, Pantai Kukup memiliki pasir yang putih dan bersih. Bibir pantai yang lebar membuat para turis senang menghabiskan waktu bermain di tepian pantainya. Batu karang yang sedikit menjorok ke lautan juga menjadikan pantai ini jadi incaran banyak wisatawan.

Banyak wisatawan yang menikmati pemandangan dari bungalow pemantau yang ada di atas batu karang tersebut. Berenang atau bermain di tepian pantai adalah beberapa alternatif kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini. Tak jauh dari pantai, ada para penjaja ikan hias atau biota hias.

3. Pantai Sepanjang

img
Pantai Sepanjang (Mustaqbirin - d'Traveler)

Satu kilometer sebelah timur dari Pantai Kukup ada pantai cantik yang masih tergolong sepi. Namanya Pantai Sepanjang dan kawasan ini menjadi pantai konsevasi penyu. Pada waktu tertentu, pantai ini dijadikan tempat penyu laut bertelur. Jadi jangan aneh jika melihat pantai ini dijaga oleh beberapa petugas konservasi ya!

Di luar itu, pantai ini memiliki pesisir yang cantik, putih dan bersih. Ada beberapa bangunan di tepiannya yang bisa jadi tempat peristirahatan atau pengisi perut dan pelepas dahaga saat siang hari. Dasar pantai ini dipenuhi dengan batu karang, jadi Anda wajib hati-hati saat bermain di perairannya.

4. Pantai Drini

img
Pantai Drini (Hery HS - d'Traveler)

Pantai Drini merupakan pelabuhan nelayan tradisional dan juga jadi tempat pelelangan ikan. Buang jauh-jauh pikiran mengenai tempat pelelangan yang kotor dan amis. Kawasan ini memiliki pantai yang cantik dengan pulau batu karang indah bermahkotakan pepohonan hijau.

Dasar perairan di pantai ini hampir sama dengan pantai sepanjang yaitu penuh batu karang. Namun ombak di pantai ini cenderung kecil jadi aman untuk arena bermain anak-anak. Lapar? Tak perlu kuatir, ada warung makan seafood yang akan jadi penolong Anda saat lapar melanda.

5. Pantai Krakal

img
Pantai Krakal (kemal TAKA aslama - d'Traveler)

Inilah pantai terpanjang dan terluas diantara 7 pantai lainnya. Pantai Krakal terletak 2 km dari Pantai Drini. Pasirnya sama, putih dan bersih. Karena panjangnya, pantai ini tak hanya cocok untuk berjemur namun juga untuk jogging. Satu yang tak mungkin terlewatkan saat liburan di sini adalah bermain air.

Pantai ini termasuk landai sehingga anak-anak bisa bebas bermain di tepian perairannya. Ternyata, ombak yang tak terlalu besar ini merupakan ajang bagi para surfer pemula. Di sinilah mereka jatuh bangun untuk belajar menunggangi papan selancar.

6. Pantai Slili dan Ngandong

Meski memiliki dua nama, sebenarnya ini bisa dibilang sebagai satu pantai. Masalahnya Pantai Slili dan Ngandong sangat berdekatan satu sama lain. Bagi turis yang tidak mengetahui nama pantai ini pasti akan mengira ini hanyalah satu pantai yang sama.

Pantai ini sangat cocok untuk bermain olahraga air. Di sini terdapat perahu karet yang bisa disewa untuk mengarungi perairan sekitar pantai. Ada juga bangku dan payung-payung di tepian pantai yang bisa digunakan untuk beristirahat.

7. Pantai Sundak

img
Pantai Sundak (Stefanus Ajie Bayu Prasetyo - d'Traveler)

Inilah pantai terakhir yang juga bisa dibilang yang paling terkenal dibanding pantai-pantai lainnya. Pantai ini terkenal dengan karangnya yang menyebar di seantero kawasan. Karang yang besar dan lebar tak menutupi keindahannya karena pantai ini memiliki pasir yang putih. Bermain air di tepian perairannya jadi alternatif paling menarik yang bisa dilakukan di sini.

Hati-hati saat berenang karena banyak batu karang di dasarnya. Jika ingin menikmati pantai ini lebih dari sehari, Anda bisa bermalam dengan tenda di tepi pantai. Tak perlu kuatir mencari sumber air tawar karena ada sumur di dekat situ yang jadi sumber mata air para penduduk sekitar.

Faela Shafa - detikTravel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel