-->

Mengintip Sang Perawan dari Gunungkidul


Pantai Pok Tunggal



detikTravel Community - 

Lagi-lagi Gunungkidul memberikan pesona pantainya yang luar biasa. Pantai Pok Tunggal di Tepus, Gunungkidul ini menyuguhkan pasir putihnya yang cantik dan masih perawan!

Garis pantai yang landai dan pasir putih yang bersih, terhampar di sepanjang pantai ini. Sungguh sangat memanjakan mata. Belum lagi, panorama dinding bukit yang tampak terpotong di belakang pantai ini.

Ya, Pantai Pok Tunggal ini memang masih cukup sepi dan bersih. Apalagi, masih belum banyak wisatawan yang mengetahuinya.

Pantai Pok Tunggal ini memang baru mulai dikembangkan menjadi objek wisata oleh warga sekitar, beberapa bulan yang lalu. Terlihat dari mulai dibangunnya sarana dan prasarana seperti kamar mandi, warung makanan, penitipan kendaraan, dan fasilitas lainnya di pantai ini.

Letak Pantai Pok Tunggal, lebih tepatnya berada sekitar 2 km di sebelah timur Pantai Indrayanti. Pantai Pok Tunggal ini merupakan pantai paling timur di gugusan Pantai Gunungkidul bagian tengah.

Untuk sampai di pantai ini sebenarnya tidak sulit. Bila sudah terbiasa ke Pantai Indrayanti, Anda bisa mengambil jalan terus ke arah timur. Selang sekitar 10 menit, Anda akan menjumpai Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) bagian timur. Nah, sekitar 2 km ke arah timur dari TPR kita akan menemukan pertigaan dan lanjut ke arah kanan. Dari situ, Anda bisa melihat papan kecil yang menunjukan arah Pantai Pok Tunggal.

Jalan masuk menuju pantai, memiliki jarak sekitar 1 km. Jalanannya masih berupa batuan keras, tapi di beberapa bagian yang menanjak ini sudah dicor menggunakan semen.

Kalau kita datang dari arah timur yang searah dengan Pantai Wediombo dan Siung, juga bisa. Dari timur, kita harus jalan lurus sampai menjumpai pertigaan. Dari pertigaan itu, kalau ke kanan jalan akan menuju Wonosari dan lurus menuju ke Pantai Indrayanti.

Setelah menempuh jarak 4 km, kita akan menjumpai pertigaan dengan papan penunjuk arah ke pantai. Belok kiri dan terus saja menyusuri jalan berbatu, maka kita akan sampai di Pantai Pok Tunggal.

Pantai Pok Tunggal yang masih cantik dan perawan

Ketika sampai di pantai ini, aroma khas serta angin laut langsung terasa. Di beberapa bagian pantai ini banyak digunakan untuk menjemur rumput laut.

Keadaan pantainya masih cukup sunyi. Lebar Pantai Pok Tunggal sekitar 1 km sampai 1,5 km. Keadaan pantai yang cukup landai, aman jika digunakan untuk berenang.

Meluangkan waktu untuk mengunjungi pantai ini sangat menyejukan mata. Panorama alamnya yang belum banyak terjamah manusia menambah kecantikannya.

Bila Anda tertarik menikmati Pantai Pok Tunggal, bisa menempuh perjalanan normal dari Kota Yogya dengan waktu tempuh sekitar 1,5 sampai 2 jam perjalanan. Oh ya, saran kami, bila ke Pantai Pok Tunggal selalu siapkan plastik untuk menyimpan sampah. Hal ini dilakukan agar kebersihan pantainya selalu terjaga!

LiburanJogja - d'Traveler

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel