-->

Ssst! Ada Lagi 3 'Perawan' di Gunungkidul


Pantai Greweng
Pantai Greweng

Belum habis ternyata, pantai-pantai indah di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di Wonosari ada 3 pantai tersembunyi, yaitu Greweng, Sedahan, dan Dadapan. Ahh, sungguh 3 tempat ini bagai surga yang perawan di Gunungkidul.

Tujuan perjalanan kali ini yaitu Pantai Greweng, Pantai Sedahan, dan Pantai Dadapan. 3 Lokasi pantai ini bertetanggaan dengan bukit yang lumayan tinggi. Selain itu, bukit tersebut juga menjadi batasnya.

3 Pantai ini, tempatnya sangat tenang, jauh dari keramaian, masih ada hewan liar yang berjalan-jalan. Menurut cerita, tempat ini pernah menjadi lokasi syuting acara petualangan di salah satu televisi nasional.

Untuk mencapai 3 pantai tersebut, kita harus punya semangat ekstra karena jalanannya hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Sejauh kurang lebih 3 km dari parkiran Pantai Wediombo wisatawan akan melewati daerah pertanian penduduk dan bukit-bukit batu.

Kemungkinan keluar atau tersasar dari jalur perjalanan pun sangat mungkin terjadi karena tidak ada papan penunjuk arah, serta kontur bukit satu dan yang lainnya mirip. Salah satu jurus agar tidak tersasar adalah bertanya ke penduduk lokal yang ramah.

Pantai Sedahan
Pantai Sedahan

Tiba di destinasi pertama, yaitu Pantai Greweng kita akan disuguhi hamparan pasir putih yang lumayan luas, seluas lapangan sepak bola dengan bukit yang membatasi di kedua sisi. Mungkin Anda tidak akan menjumpai orang lain selain diri Anda sendiri dan partner petualangan ketika sampai di Greweng.

Di sekitar Greweng ada beberapa gua dan lokasi pertapaan. Dari Cerita penduduk setempat, jika ada yang bertapa dan menenangkan diri di sana niscaya permohonannya akan cepat terkabul. Namun, pastinya banyak godaan dan gangguan akan menghampiri orang yang bertapa.

Jika Anda suka kemping di tempat yang tenang dan jauh dari keramaian, Pantai Greweng adalah lokasi yang pas. Di sana ada sungai kecil dan sumber mata air tawar yang jaraknya lumayan jauh dari pantai. Setiap hari ada penduduk yang melewati pantai untuk berangkat atau pulang memancing dari pemancingan di atas karang. Jadi bagi yang ingin kemping di sana jangan mengkhawatirkan stok makanan.

Setelah puas menikmati Pantai Greweng, di timurnya ada Pantai Sedahan yang tak kalah cantik karena masih alami. Hanya beberapa penduduk lokal yang memanfaatkan pantai untuk membudidayakan rumput laut.

Sedangkan, untuk menuju Pantai Sedahan tenaga ekstra kembali dibutuhkan untuk menaiki bukit karang setinggi 40 meter. Para petualang diharapkan juga berhati-hati karena daerahnya berbatu dan terjal.

Pantai Dadapan
Pantai Dadapan

Dari atas bukit, Pantai Sedahan akan terlihat kecil. Jika ingin keluar sejenak dari jalur, kita akan mendapatkan pemandangan yang menakjubkan juga dari tebing Sinden dan Pulau Glatik.
Sedahan punya pantai pasir putih yang bersih dan teduh. Di balik bukit adalah tempat yang nyaman untuk beristirahat sambil menikmati ombak yang menabrak karang hingga menyembur tinggi.

Bila Anda sudah puas di Sedahan, naik ke sebuah bukit lagi di sebelah timur. Kita akan mendapati satu pantai lagi, yakni Pantai Dadapan. Pantai Dadapan lebih kecil dari pantai-pantai sebelumnya. Di pasirnya, banyak kayu-kayu lapuk dan dedaunan yang mendarat dari laut. Dadapan masih begitu alami karena saat sore hari banyak kelomang (Pong-pongan) yang berjalan-jalan mencari makannya, buah palem laut.

Jika ada yang berencana menjelajahi tiga pantai ini, usahakan sebelum pukul 17.00 WIB sudah kembali ke arah Wediombo. Ya, hal ini dikarenakan penduduk lokal sudah mulai pulang dari pekarangannya.

Detik Tavel - Dani D Dant

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel