-->

Tergoda Eksotisme Pantai Kukup Gunungkidul

Karang di pinggir pantai menambah eksotisme

detikTravel Community - 
Tidak hanya Tanah Lot di Bali, Pantai Kukup di Gunungkidul juga punya pulau karang di lepas pantainya. Dari atas pulau karang ini, kita bisa melihat dengan jelas pantai dan ombak yang menghantam karang.

Berwisata ke Yogyakarta memang selalu menjadi tujuan yang menarik bagi semua traveler. Terutama pantai-pantai di Kabupaten Gunungkidul, selalu menjadi trending topic di jejaring sosial. Selain banyak pantai yang masih perawan, daya tariknya juga ada karena traveler bisa memilih banyak pantai yang diinginkan. Ya, inilah Gunungkidul, Hidden Paradise of Yogya.

Salah satu pantai yang sudah lebih dulu terkenal di destinasi ini adalah Pantai Kukup. Pantai Kukup terletak di antara Pantai Baron dan Pantai Sepanjang. Lebih tepatnya lagi berlokasi di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul.

Karena fasilitas dan infrastruktur yang sudah dibangun lumayan lengkap seperti penginapan, restoran, dan area parkir yang luas. Oleh karena itu, Pantai Kukup biasanya menjadi salah satu tujuan selain pantai-pantai lainnya.

Jika Anda sudah pernah ke Pantai Baron, tentunya tak akan melewatkan kesempatan untuk mampir ke Pantai Kukup. Pantai ini hanya berjarak sekitar satu kilometer dari Pantai Baron. Wisatawan bisa menempuh perjalanan dengan motor atau mobil. Bagi yang suka trekking bisa menyusuri pinggiran tebing dengan panorama pantai yang eksotis.

Satu hal yang istimewa dari Pantai Kukup adalah terdapat pulau karang yang dihubungkan dengan jembatan. Sekilas tampak seperti Pantai Tanah Lot di Bali. Dari pulau karang ini kita bisa menyaksikan hamparan pantai yang indah berpadu dengan deburan ombak yang langsung menghantam karang.

Senja menawan di Pantai Kukup

Hal lain yang tak kalah menarik adalah biota laut yang menghuni Pantai Kukup.  Banyak sekali penjual yang menjajakan beraneka ragam ikan hias serta tumbuhan laut yang bisa dijadikan hiasan akuarium di rumah. Jika laut sedang surut, kita bisa langsung menyusuri bibir pantai, di mana banyak sekali ceruk-ceruk karang yang dihuni oleh ikan-ikan hias.

Bagi Anda yang hobi berenang di laut, Pantai Kukup kurang cocok untuk dijadikan arena berenang. Hal ini dikarenakan, sebagian besar pantainya memiliki kontur berupa karang terjal. Namun, bagi Anda yang ingin bersantai bersama keluarga, pantai ini sangat cocok sebagai tempat relaksasi dan melepas lelah.

Perlu Anda ketahui, Pantai Kukup berjarak sekitar 60 km dari Kota Yogyakarta. Sebelum sampai di Pantai Kukup, Anda akan mendapatkan pengalaman yang menakjubkan. Jalan naik turun dan berkelok serta pemandangan pengunungan karst khas Gunungkidul akan menjadi panorama cantik yang tak terlupakan.

Arwan Sutanto - d'Traveler

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel