-->

Wisata Kawasan Karst Kali Suci Gunungkidul

cavetubing kali suci
Kawasan karst Kali Suci merupakan salah satu wisata alam yang terdapat di Dusun Jetis, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, kabupaten Gunungkidul sekitar 45 kilometer dari Kota Jogja atau tujuh kilometer dari Wonosari. Kali Suci bagian dari Kawasan Karst Gunung Sewu yang membentang hingga tiga Kabupaten, yakni Kabupaten Gunungkidul ( DIY ), Kabupaten Wonogiri ( Jawa Tengah ), dan Kabupaten Pacitan ( Jawa Timur ). International Union of Speleology mengusulkan agar Kawasan Karst Gunungsewu termasuk Gua Kalisuci masuk ke dalam salah satu warisan alam dunia pada tahun 1993. Pada 6 Desember 2004 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencanangkan kawasan ini sebagai kawasan eko karst.

cavetubing kali suci

Cavetubing merupakan merupakan akktivitas menyusuri gua dengan menggunakan alat bantu berupa perahu karet atau ban dalam seperti di Gua Pindul.Kali Suci ini merupakan sungai yang memiliki air yang jernih dengan lebar bervariasi antara 5 sampai 10 meter. Sungai tersebut mengalir melewati gua-gua yang terdapat di Gunungkidul dan bermuara di laut selatan. Terdapat 5 gua yang terdapat dalam kegiatan cavetubing Kali Suci yaitu Gua Suci, Gua Glatikan, Gua Gelung, Gua Buri Omah, dan Gua Brubug. Selama menelusuri gua tersebut pengunjung akan menyaksikan berbagai ornamen gua yang indah beserta ekosistemnya.

cavetubing kali suci

Di Wisata kali suci ini anda akan menyusuri sungai dalam goa serta menikmati stalaktit sampai mendaki perbukitan. Petualangan ini biasa dikenal sebagai cave tubing. Untuk menikmati keindahan Kali suci tiap oarang di lengkapi alat alat safety, seperti ban dalam, helm pengaman, head lamp, rompi apung, juga sepatu boat, gua pun siap disusuri.Dan tiap orang akan di kenakan biaya sebesar 65 ribu dan akan menempuh jarak sekitar 2 jam perjalanan untk menyusuri wisata kali suci ini.

cavetubing kali suci

Selain untuk melakukan kegiatan cavetubing Kawasan Karst Kalisuci juga biasa digunakan sebagai kawasan wisata pendidikan. Seperti halnya Speologi atau ilmu tentang gua dan sekitarnya, Speleogenesis atau ilmu yang mempelajari tentang terbentuknya gua, dan morfologi kawasan batu kapur pada kawasan tersebut dapat dijadikan kawasan penelitian. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel