-->

Pantai Jogan Pantai yang Memiliki Air Terjun di Gunungkidul

Pantai Jogan merupakan salah satu pantai di Indonesia yang memiliki air terjun setinggi 10 meter yang langsung menghadap ke laut. Seperti pantai di sekitarnya Pantai Jogan juga memiliki pasir putih udara sejuk dan di kelilingi bukit kapur yang megah.

Nama Jogan diambil dari nama pantai dimana air terjun ini berada. Adapun pantai ini ada di sebelah barat Pantai Nglambor dan Siung atau di sebelah timur Pantai Timang. Selama ini, tidak banyak pelancong yang tahu perihal pantai jogan. Karena lokasinya yang persis ada di sebelah barat pantai siung kerap terlupa oleh beberapa pemanjat yang dipacu motivasi memeluk moleknya tebing siung.

Lokasi

Pantai Jogan berada di Desa Purwodadi kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta yang jaraknya cukup jauh dari kota Yogyakarta namun sebanding dengan keindahan yang disajikan. Datang ke Pantai Jogan sebaiknya dilakukan di musim hujan. Pada musim ini, debit air terjun akan besar. Jika anda datang ketika kemarau debet air kali kecil, dan air terjun kecil atau bahkan tidak ada.Mata air tersebut berasal dari gunung karst yang barada di sebelah utara.

Berjarak sekitar 70 km dari kota Yogja yang dapat ditempuh sekitar 2 jam berkendara. atau 200 m ke arah barat Pantai Siung. Kondisi jalan menuju ke sana beraspal mulus. Sesampainya di dekat lokasi kondisi jalan berubah dengan cor blok sekitar 1 km jauhnya.

Dapat diakses dengan kendaraan roda dua dan empat. Untuk meraih pantai jogan, perlu waktu lebih kurang dua jam berkendara dari jogja. menyusuri jalanan aspal mulus, berkelok-kelok membelah perbukitan karet yang disebut sisa lautan jutaan tahun silam.

apabila kita sampai di pos retribusi pantai siung, berarti pantai jogan telah dekat, dikarenakan lebih kurang 400 meter dari pos tersebut, Terdapat papan kayu penunjuk arah menuju Jogan.Dari Kota Yogja arah kendaraan menuju Wonosari (jalur Yogja-Wirosari).

Sesampainya di daerah Mulo akan ditemui pertigaan, ambil ke arah kiri munuju pantai. Ikuti jalan tersebut hingga tiba di daerah Tebus. Sesampainya di daerah ini akan ditemui papan petunjuk arah menuju Pantai Siung, ambil belokan ke kanan hingga tiba di pertigaan jalan menuju ke Pantai Jogan. Di pertigaan ini ambil arah ke kanan memasuki jalan yang di semen.

Setelah sampai pintu masuk menuju Pantai Jogan, sekarang giliran jalan setapak berbatu yang menemani perjalanan anda menuju bibir Pantai Jogan. Disarankan agar anda yang membawa kendaraan roda empat untuk memarkir kendaraan sebelum jalan berbatu jika tidak mau mengambil resiko jalan terjal, apalagi untuk mobil berjenis sedan. Tapi tidak usah terlalu berkecil hati, karena di sisi kiri anda ada dua buah sungai kecil yang mengalir yang nantinya akan menyatu menjadi air terjun di Pantai Jogan tersebut. Jadi, anda tidak akan kecewa karena keindahan yang dapat dinikmati sepadan dengan beratnya medan.

Untuk dapat nikmati guyuran air dari atas tebing, kita mesti turun ke bawah. ada dua cara untuk turun,Cara pertama dengan teknik canyoning dengan kata lain rappeling di air terjun, pasti dibutuhkan peralatan serta kekuatan mumpuni untuk mengerjakannya. Cara yang kedua, menapaki turunan licin yang basah, tapi untunglah ada kayu-kayu pegangan sebagai penopang tubuh agar tidak terjatuh.

Walau demikian, kehati-hatian yaitu perihal harus dikarenakan jalur yang curam. Sesudah batuan curam nan licin, tersisa satu lagi tantangan, kita tetap mesti melalui karang yang dihuni oleh beberapa ribu bayi kepiting berwarna transparan berukuran lebih kurang 5 mm. Ini memanglah bukan hanya koloni kepiting merah penghuni christmas island ( yang dekat jawa barat namun dimiliki australia ), tetapi melewatinya dengan kaki telanjang pasti bukan hanya perkara sederhana.

Masyarakat lebih kurang biasa mengambil bayi kepiting ini untuk dimasak, jadi rekan makan nasi hangat di saat musim hujan. apabila mujur, pengunjung juga dapat melihat ratusan kupu-kupu bergerombol di bebatuan kering. Jangan khawatir, semua perjuangan menuju ke lokasi ini akan terbayar lunas oleh keindahan yang bisa kita nikmati disini. Tidak sekadar berwisata, mengunjungi Pantai Jogan adalah sebuah petualangan.