-->

Goa Lawa gunungkidul



Goa Lawa terdapat di Desa Sumbergiri, Kecamatan Ponjong, Kabupten Gunungkidul. Goa Lawa merupakan salah satu tempat wisata dengan kekhasannya yaitu batuan karst. Goa ini merupakan tempat wisata sekaligus sebagai tempat mata pencaharian bagi penduduk sekitar karena tempat ini kaya akan bahan tambang yaitu pospat. Pengambilan pospat ini oleh penduduk sudah berjalan kurang lebih 20 tahunan.

Pospat ini nantinya dikirim ke Surabaya untuk diolah sesuai prosedur. Walaupun tempat ini merupakan area tambang namun tempat ini tidak ditutup untuk umum, bagi siapa saja yang masuk dan mengetahui keadaan di dalam goa ini dipersilakan dengan senang hati oleh para pekerja tambang, karena mereka tidak ingin membatasi bagi siapa saja yang ingin tahu tentang goa ini.

Goa Lawa ini diberi nama karena di dalam goa ini terdapat ribuan kelelawar yang tinggal di dalam goa ini. Goa ini mempunyai luas yang luar biasa, bahkan jika dapat diumpamakan goa ini dapat dijadikan terminal bus. Atap goa ini memiliki dua buah lubang yang besar yang menyebabkan di dalam ini terdapat banyak cahaya sehingga tidak terkesan gelap, pengap dan seram tetapi tempat ini terang, sangat sejuk seperti diruangan yang terdapat Air Conditioner dan jika kita melihat keatas maka akan terdapat cahaya yang sangat terang dan indah karena terdapat penguraian cahaya menjadi bebapa garis yang cantik.

Walaupun di goa ini terdapat sarang kelelawar tetapi udara di dalam goa ini sangat segar jadi jangan khawatir dengan bau yang tidak sedap di tempat ini. Jika anda tertarik datang kesini dan rasakan sendiri pesona alam di sini.

Short Notes of Gunungkidul

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel