-->

Melihat evolusi Jalur Gaza dari peta ( Dongeng Geologi )


peta gaza
Kita semua prihatin dengan apa yang terjadi di Jalur Gaza yang mulai terjadi akhir Desember 2008, hingga awal Januari 2009 ini perang sedang jeda. Tapi ada kemungkinan bukan berarti perang dan krisis ini selesei. Dalam peperangan itu tidak ada yang menang, yang ada hanyalah korban.

Mungkin ada yang kepingin tahu dimana sih Jalur Gaza atau Gaza Strip. Juga lokasi-lokasi detail yang seringkali disitir oleh media-media. Saya tidak akan menampilkan gambar berdarah, tetapi hanya peta seputar Jalur Gaza.
:( “Hiya Pakdhe, Menarik nih. Tapi jangan politiknya looh Dhe “
:D “Thole kita lihat sesuai dengan geo-nya saja. Dalam hal ini peta”
Peta-peta yang dikumpulkan ini bukan peta resmi. Terlalu banyak peta-peta yang beredar. Masing-masing mengatakan ini peta resmi ! Hadduh !

Sepintas Jalur Gaza.
Jalur Gaza atau Gaza Strip memiliki luas sekitar 360 Km2. Daerah dihuni 1.5 juta orang. Atau kepadatan sekitar 4,118/km2. Jadi kepadatannya mirip kepadatan penduduk di kota-kota di Jawa, tetapi jelas bukan kepadatan jakarta yang diatas 10 000 orang/Km².eta-peta ini diambil dari beberapa sumber, dengan tahun penerbitan yang berbeda-beda. Peta ini hanya sebagai gambaran, tentusaja hanya sebagai pembelajaran sejarah.
:( “Lah hiya Pakdhe, sebelum mendiskripsi singkapan geologist harus tahu posisi atau letaknya. Sebagai manusia sebelum menilai salah-bener harus tahu kisahnya. Gitu ya ?”
:D “Thole ini cuman menampilkan fakta-fakta dalam peta tetapi jangan harap aku crita keganasan peperangan ya”
lempeng tektonik
Global Tectonic

Zaman Geologi

Sebelum semua ada termasuk manusia juga belum ada, barangkali peta tektoniklah yang akan menjadi awal sebelum semua ini. Lah, kalau sejak BigBang udah kelamaan dan kejauhan. Karena ini dongeng geologi ya dilihat saja peta tektoniknya.
Peta tektonik disebelah ini memperlihatkan bahwa basement daerah seputar Arab ini sudah ada sejak 250 juta tahun yang lalu.  Tentusaja artinya batuan-batuan ini sangat tua yang usianya sudah lebih dari 250 juta tahun.
Kalaulah kepingin dipaksakan, maka daerah Gaza ini menjadi daratan sejak 65 juta tahun yang lalu. Tentusaja daerah yang sangat tua. Indonesia belum ada wektu itu. Ingat peta tua Indonesia disini. Kita tahu Indonesia belum ada karena batuan sedimen tertua di Indonesia berusia kurang dari 50 juta tahun yang lalu.
Jadi kalau mau klaim “ini daerahku“, kayaknya ngga bisa menggunakan peta tektonik. Lah, syapa mau ngeklaim pakai peta tektonik wong manusia juga belum ada.
:( “Pakdhe, mungkin 65 juta tahun yang lalu Tuhan sedang mikir gimana membuat manusia yang baik ?”
:D “Hust !”
canaan

 Canaan

Peta tua yang ada dibawah ini kira-kita menggambarkan daerah Canaan. Peta ini memperlihatkan adanya 12 tribes (suku-suku) yang mendiami daerah ini sebelumnya. Lah trus syapa yang berhak ?
Nama Israel maupun Palestine belum tergambarkan disini. JAdi tidak ada yang berani menggunakan dasar peta ini sebagai “klaim” kekuasaan teritorial.
Peta-peta tua ini dibuat sebelum ada istilah NEGARA. Istilah negara ini menjadi sangat populer juga baru setelah Perang Dunia Pertama sekitar 1920.
:( “kenapa sih Pakdhe memulai dari peta tahun setelah PD I ?”
:D “Thole, tatanan dunia sekarang ini mengenal istilah NEGARA (State) sebagai pembatas kekuasaan teritorial dalam percaturan dunia”
:( “Lah emangnya dulu gimana Pakdhe?”

:D “Dulu ada yang menyebutkan kerajaan atau empire sebagai penguasa daerah. Saat ini masih banyak juga negara kerajaan (Thailand, Inggris, Belanda) ataupun kerajaan didalam negara (Yogyakarta), juga ada negara yang terdiri atas kerajaan-kerajaan (Malaysia)”.
:( “Lah kalau Arab ?”
:D “Di Seputar Arab, ada kerajaan juga ada emir, juga ada tribe (suku). Tetapi daerah teritorial di dunia saat ini dikenal sebagai NEGARA. Dan dimulai setelah PD I itu tadi”

1920

palestine

palestine 1947
Versi lain Peta tahun 1947 yang diusulkan UN (Wikipedia)

Daerah yang dipersengketakan ini dahulu merupakan jajahan Inggris (British).  Daerah ini berada dibawah Inggris sampai sekitar 1920. Kemudian ketika terjadi PD I daerah ini disebut Bristish Mandate Palestine (BMP).
Ketika BMP “dilepas” oleh Inggris sebagian diberikan ke Yahudi, dan sisanya pengelolaannya diserahkan ke negara-negara yang sudah terbentuk saat itu, yaitu Pan Arabia.
Daerah ini berbatasan berbatasan dengan Syria (uatara), Iraq (Timur laut),  Saudi Arabia (Timur dan Selatan), Mesir (Baratdaya) dan  Laut Mediteran. Daerah BMP ini saat ini meliputi beberapa negara yang ada saat ini, termasuk Yordania, Israel dan Palestine.
Daerah yang disengketakan hingga saat ini adalah antara Israel dengan Palestina. Daerah yang dipersengketakan kebetulan meliputi daerah atau kota suci Jerusalem yang diperebutkan tiga agama besar (Yahudi/Jews, Nasrani, dan Islam).

Peta tahun 1947 dan 1949.

palestine 1947
palestine 1949

Pada tanggal 25 May 1946 Jordan merdeka dan mengambil teritorial di sebelah timur dengan batas Sungai Jordan (Laut Mati). Jordan menjadi negara paling duluan dibanding yang lain.
Pada tahun 1947 ini sebenernya sudah di design bahwa kota Yerusalem merupakan Zona Internasional, karena sudah diketahui bakalan menjadi daerah rebutan tiga agama (Yahudi, Nasrani, dan Islam).
:( “Pakdhe, seandainya zona merah itu tetep jadi milik Internasional trus pengelolanya siapa ?”
:D “Wah … kok berhandai-handai. Ya susah njawab thole. Semua ingin memiliki kontrol atas daerah ini”
Kalau kita tengok peta tahun 1947 terlihat bahwa ada sebagian Arab State yang berbatasan dengan Mesir (Egypt) yang di tahun 1948 menjadi bagian dari Negara Israel.
Tahun 1948 Israel dinyatakan berdiri. Tepatnya Israel menyatakan dirinya merdeka tanggal 14 May 1984 dari BMP. Saat itu negeri Palestine malah belum ada. Sehingga tidak mudah mengatakan itu ada negara Palestine kok dijajah. Ini waktu itu looh.
Jadi harus dimengerti juga bahwa berdirinya Negara Israel itu lebih dahulu ketimbang berdirinya Negara Palestine yang memproklamirkan kemerdekaannya tanggal 15 November 1988.

Peta Tahun 1967 dan 1979

palestine 1967palestine 1979

Pada tanggal 5-10 Juni, 1967 Terjadi perang yang disebut Perang Enam Hari (Six Day War). Pada waktu perang ini Israel berhasil menguasai Sinai (Wilayah Mesir), Jalur Gaza, dan Tepi Barat Sungai Jordan (West Bank).

Pada saat itu Israel berhasil menambah daerah teritorialnya hampir 3 kali lipat.
Namun pada Tahun 1973 kembali terjadi lagi perang antara Arab Israel. Perang ini disebut Perang Yom Kippur, dimana akhirnya Israel mundur ke perbatasan semula dengan Mesir. Walaupun Israel berhasil dipukul mundur oleh Mesir, Israel telah menambah daerah teritorialnya dari sebelum perang enamhari. Daerah yang dikuasainya meliputi daerah yang “direncanakan nantinya” untuk Palestina.
:( “Pakdhe.  Kenapa Palestine itu kok ya ngga menyatakan dirinya merdeka sejak dulu-dulu ta ?”
:D “Itulah rumitnya thole. Di Palestine ada beberapa kelompok juga. MAsing-masing pingin menjadi penguasa”.
Tahun 1979 peta diatas menggambarkan posisi teritorial yang ada disekitar daerah sengketa.
Pada tanggal 15 November 1988 Palestine menyatakan dirinya MERDEKA. Palestine menjadi sebuah state (negara) yang berdaulat sejak itu.

Namun sayangnya, ini yang lutju, UN masih melakukan kontrol yang sangat kuat pada negara ini. Dan seperti kita tahu UN selalu kerepotan karena negara-negara anggota-nya juga sering berantem sendiri.

Dibawah ini perkembangan Jalur Gaza dari tahun 1999 serta tahun 2005. Silahkan di Klik kalau ingin melihat lebih detil.

jalur gaza 1999
Peta Tahun 1999

jalur gaza 2005http://www.lib.utexas.edu/maps/middle_east_and_asia/gaza_strip_may_2005.jpg

Jadi apa yang kita pelajari ?
  • Daerah sengketa (dispute) teritorial ini selalu ada dimanapun. Hal ini seringkali hanya masalah kekuasaan yang mendopleng sejarah.
  • Yang dituntut oleh masing-masing yang bertikai seringkali berasal dari sejarah. Tuntutan hak atas “masa lalu” merupakan persoaalan manusia yang tidak akan terhenti.
:( “Whaddduh kalau Indonesia menuntut kekuasaan teritorial sesuai peta jaman Majapahit, pripun Dhe ?
:D “Hust !”
  • Daerah yang dipersengketakan tidak hanya Jalur Gaza. Termasuk West Bank/Tepi Barat Sungai Jordan, Dataran tinggi Golan dan terutama Jerusalem.

 Dongeng Geologi
 http://rovicky.wordpress.com/2009/01/27/melihat-evolusi-jalur-gaza-dari-peta/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel