-->

Pasien trepaksa pulang karena karena ditolak RSUD Wonosari

ditolak RSUD wonosari pasien terpaksa pulang

WONOSARI (KRjogja.com) - Layanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonosari dikeluhkan Hermanto warga Karangasem V, Paliyan. Saat akan membawa tetangganya berobat, ternyata RSUD justru menolak melayani. Padahal, pasien atas nama Sukaryadi yang memiliki penyakit komplikasi sudah membawa surat rujukan Puskesmas 1 Paliyan. 

“Semula dianjurkan mencari surat rujukan ke puskesmas. Akan tetapi sekalipun sudah membawa rujukan, pihak RSUD menolak melayani pasien,” kata Hermanto ketika datang di Sub Biro KR Wonosari, Senin (15/12/2014).

Kejadian tersebut bermula saat Hermanto hendak membawa tetangganya Sukaryadi (32) ke RSUD. Sesampainya di rumah sakit, pasien ditanyakan soal surat rujukan dari puskesmas. Karena tidak membawa rujukan, akhirnya harus kembali ke Puskesmas 1 Paliyan untuk memperoleh rujukan. Bahkan saat mengurus surat rujukan di Puskesmas 1 Paliyan, dokter yang menangani kurang cepat dan tidak memberikan pelayanan yang memuaskan. 

“Saat di puskesmas 1 Paliyan, pelayanan tidak maksimal. Bahkan Sukaryadi tidak juga diperiksa, namn akhirnya memperoleh surat rujukan ke rumah sakit,” imbuhnya.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Gunungkidul Ir Imam Taufik menyayangkan tindakan penolakan dari RSUD. Seharusnya dengan telah dilengkapinya surat rujukan, pasien harus bisa segera ditangani dengan baik. Pasien sudah menunjukkan surat rujukan dari puskesmas, semestinya tidak ada lagi hambatan. Karena sudah terpenuhi syarat untuk memperoleh perawatan. 

“Harusnya pelayanan di rumah sakit bisa diakses dengan lebih mudah,” imbuhnya. 

Sementara itu Direktur RSUD Wonosari drg Isti Indiyani MM ketika dikonfirmasi melalui sambungan teleponnya tidak diangkat. Pesan short message servis (SMS) yang dikirim juga tidak dibalas.(Ded)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel